Tertawa lah Sebelum Tertawa Itu Dilarang

Mungkin teman – teman masih ingat kata itu jika menonton film D.K.I yang diperankan oleh Dono, Kasino, dan Indro. Namun Tertawa jika kita menilik pada bidang kesehtan, bukti sangat kuat menunjukkan bahwa tertawa baik untuk kesehatan kita. Tertawa membantu melepaskan emosi dan ketegangan. Tertawa merupakan cara lain untuk menemukan jalan keluar dari ketegangan. Oleh karenanya, mengapa orang stress pergi menonton film lucu atau pertunjukkan komedi.

Dengan tertawa, otak menekan kita untuk melakukan dua hal yang simultan. Pertama adalah visual, yang terdiri dari gerakan muka khusus, kedua adalah phonic yang mengeluarkan bunyi tertentu. Selama tertawa, ada banyak perubahan dalam banyak bagian tubuh termasuk tangan, kaki dan otot.

Lima belas otot muka berkontraksi dan terdapat rangsangan elektrik pada sebagian besar otot mulut. Dalam keadaan tertentu, pembuluh air mata terangsang, sehingga selagi mulut terbuka dan tertutup ada suatu dorongan untuk menghisap udara yang cukup, sehingga muka memerah dan mata berair.

Selam beratus-ratus tahun, telah diakui bahwa tertawa merupakan “mesin terbaik.” Pemecahan secara penelitian medis menunjukan pengaruh keuntungan psikologi terhadap kesehatan. Rasa humor akan masuk dengan mudah “mengobati” sakit, tekanan hidup sehari-hari, stress atau pekerjaan.

Humor dapat secara dramatis mengubah kualitas dan pandangan hidup kita. Humor merupakan suatu cara mudah untuk mengenali perasaan dan mengontrolnya dalam situasi sulit. Tetapi Anda perlu tahu bahwa tertawa tidak sama dengan humor. Tertawa hanya respon psikologi terhadap humor. Berikut manfaat psikologi tertawa pada tubuh adalah:

• Mengurangi stress

Tertawa nampak akan mengurangi tingkat stress tertentu dan menumbuhkan hormon. Hormon stress akan menekan sistem kekebalan, sehingga meningkatkan jumlah platelet (sesuatu yang dapat menyebabkan gangguan dalam arteri) dan meningkatkan tekanan darah.

• Meningkatkan kekebalan

Tertawa akan meningkatkan sistem kekebalan. Tertawa pada dasarnya akan membawa keseimbangan pada semua komponen dalam sistem kekebalan.

• Menurunkan tekanan darah tinggi

Tertawa akan meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam darah, yang dapat membantu pernapasan.

• Mencegah penyakit

Ada suatu alasan yang dipercayai bahwa tertawa akin membantu mencegah penyakit misalnya, gagal jantung. Marah dan takut adalah dua emosi yang biasa yang menjadi penyebab serangan jantung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s